,

Berbahasa Sehat Indonesia Tangguh

Rabu, 29 Maret 2023, 12.43.00 WIB Last Updated 2023-04-07T18:17:06Z
Foto: DokPri SKM

NGABANG - SMA Kristen Makedonia mengadakan sebuah kegiatan literasi yang diikuti oleh peserta didik SMA yang saat ini berada di asrama. Mengangkat tema Bahasa Sehat Indonesia Tangguh mengingatkan kita bahwa mencintai bangsa sendiri adalah yang utama. Namun tidak menutup diri dari perkembangan yang terjadi di luar kita.

Kegiatan ini dilaksanakan pada 26 November 2021 dengan persiapan kurang lebih tiga minggu. Menampilkan seluruh karya dari peserta didik yang dibuat sendiri. Karya tersebut berupa drama lucu, puisi, perang pantun, musik dan lainnya. Acara dibuka dengan doa yang dipimpin oleh ibu Kristin dan dilanjutkan dengan kata sambutan oleh bapak Seven Simamora. Rangkaian acara dilanjutkan dengan menampilkan karya peserta didik dan diakhiri dengan menuliskan harapan dan tanda tangan di papan harapan yang disediakan oleh panitia.

Kegiatan ini dilakukan untuk memperingati hari sumpah pemuda dan bulan bahasa 2021. Harapan dari kegiatan ini ialah "Perbedaan bahasa tidak menjadi pembeda dan menetapkan bahasa Indonesia sebagai bahasa baku yang dapat membangun orang lain" tutur Nupit Riski sebagai ketua panitia.

Harapan yang sama kepada generasi muda saat ini ialah, banggalah menggunakan bahasa Indonesia dan budayanya. Bukan karena supaya dianggap gaul sehingga menggunakan kalimat atau kata-kata yang tidak baku. Karena berbahasa yang sehat, Indonesia bisa lebih Tangguh.

Sampai jumpa di bulan bahasa berikutnya.

Tuhan Yesus memberkati!