,

Bersiap SKM Kembali Datang Ke Daerahmu

Rabu, 29 Maret 2023, 12.22.00 WIB Last Updated 2023-04-02T04:22:53Z
Foto: DokPri SKM

NGABANG – Dalam rangka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2022/2023, Sekolah Kristen Makedonia akan datang ke daerah-daerah. Setelah setahun ditiadakan secara langsung karena pandemi, akhirnya mantap memutuskan berangkat dengan pertimbangan sekolah-sekolah sudah mulai tatap muka.

Roadshow Makedonia merupakan program sosialisasi sekolah dan penerimaan siswa secara langsung di sekolah pedalaman yang dituju. Program ini bertujuan untuk menjangkau anak-anak di pedalaman Kalimantan Barat yang memiliki semangat belajar tinggi namun terkendala ekonomi, minimnya pelayanan pendidikan serta keterbatasan sarana dan prasarana belajar. Mereka diberikan kesempatan untuk belajar di sekolah berasrama, di mana tenaga pendidik tinggal bersama mereka untuk memberikan pelayanan pendidikan yang maksimal.

Tahun ini, beberapa daerah roadshow merupakan tempat baru yang belum pernah dikunjungi. Daerah tersebut membutuhkan beberapa hari kunjungan karena jarak yang jauh serta medan perjalanan yang sulit. Diantaranya adalah daerah Bentiang, Melawi dan Putussibau, kab. Kapuas Hulu yang berjarak sekitar 488 KM dari SKM. Daerah lainnya yang tidak disebutkan berada di sekitar Kabupaten Landak yang bisa dilakukan dalam satu hari perjalanan.

Roadshow diadakan sejak 28 Januari hingga 28 Februari 2022 dengan tiga tahapan. Tahap pertama adalah sosialisasi perkenalan sekolah. Tahap kedua ialah tes tertulis dan wawancara lisan, setelah dinyatakan lulus seleksi dilanjutkan dengan wawancara keuangan. Dimana guru-guru akan datang secara langsung ke rumah peserta didik untuk melihat kondisi ekonomi keluarga secara rill. Apabila sudah ada persetujuan antara orang tua dan guru, diakhiri dengan registrasi.

Dengan adanya roadshow, kita berharap menemukan “intan-intan” dari pedalaman Kalimantan Barat agar dapat dididik menjadi calon pemimpin masa depan. Semangat bagi para guru yang akan melakukan perjalanan!