,

SMP Kristen Makedonia Kembali Membawa Juara Pada Kompetisi Osn Tingkat Kecamatan Dan Kabupaten

Rabu, 29 Maret 2023, 12.11.00 WIB Last Updated 2023-04-06T07:06:17Z
Foto: DokPri SKM

NGABANG - OSN merupakan kompetisi di bidang sains untuk tingkat SD, SMP, dan SMA. KSN dan OSN merupakan kegiatan yang sama dan hanya berganti nama dari OSN menjadi KSN (Kompetisi Sains Nasional) dan pada tahun ini nama yang dipakai yaitu OSN. Kompetisi ini diadakan setiap tahun dan setiap sekolah akan mengirimkan siswa terbaiknya untuk mengikuti kompetisi ini. Siswa yang mengikuti OSN harus lolos seleksi tingkat Kecamatan, Kabupaten/kota dan Provinsi. Adapun mata pelajaran OSN untuk tingkat SMP yang diperlombakan yaitu Matematika, Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

SMP Kristen Makedonia ikut berpartisipasi dalam kegiatan OSN yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional melalui kewenangan setiap sekolah maupun daerah kabupaten/kota. Seleksi peserta didik yang akan mengikuti OSN dimulai dari seleksi oleh sekolah, tahap kecamatan, hingga kabupaten. SMP Kristen Makedonia mengirimkan enam peserta didik terbaik yang sudah ditentukan oleh sekolah untuk mata pelajaran IPA, IPS, dan Matematika. Setiap mata pelajaran akan diwakili oleh dua peserta didik. Peserta didik yang menjadi perwakilan pada mata pelajaran IPA yaitu atas nama Triponia Oktavia (VIII A) dan Margareth Nathasya Kristiani (VIII A) dengan guru pembina Ibu Avia Rahayu Medi.

Peserta didik yang menjadi perwakilan pada mata pelajaran IPS yaitu atas nama Anggun Priscilla Fitria (VIII A) dan Laetitia Lumiere Estelinne Thapiatn (VIII A) dengan guru Pembina Ibu Merrysna Nadeak. Sedangkan peserta didik yang menjadi perwakilan pada mata pelajaran Matematika yaitu atas nama Berea Putri Nauli Sihombing (VIII A) dan Julio Kristian Seha (VIII A) dengan guru pembina Bapak Rianto.

OSN tingkat kecamatan dilaksanakan di SMP Maniamas Ngabang pada hari Rabu, 06 April pukul 14.00 Wib. Enam Peserta didik mengikuti OSN dengan didampingi oleh Bapak John Wesly selaku kepala sekolah dan Ibu Anggini sebagai guru pendamping. Peserta OSN mengerjakan soal selama dua jam dan tepat pada pukul 16.30 WIB pengumuman dibacakan. Adapun hasil pengumuman tersebut menyatakan bahwa SMP Kristen Makedonia untuk mata pelajaran

IPA memperoleh juara 1 atas nama Margareth Nathasya Kristiani (VIII A), mata pelajaran IPS memperoleh juara 1 atas nama Laetitia Lumiere Estelinne Thapiatn (VIII A) dan juara 2 atas nama Anggun Priscilla Fitria (VIII A), sedangkan mata pelajaran Matematika belum mendapatkan juara. Peserta didik yang memperoleh juara 1-3 akan mengikuti OSN tingkat Kabupaten.

Setelah lolos tingkat kecamatan, ketiga peserta didik yang memperoleh juara 1 pada mata pelajaran IPA atas nama Margareth Nathasya Kristiani (VIII A), juara 1 atas nama Laetitia Lumiere Estelinne Thapiatn (VIII A) dan juara 2 atas nama Anggun Priscilla Fitria (VIII A) pada mata pelajaran IPS di tingkat Kecamatan, kembali mewakili Kecamatan Ngabang untuk mengikuti OSN tingkat Kabupaten yang diselenggarakan pada Kamis, 07 April 2022 pukul 08.00 Wib di SMPN 2 Ngabang. Ketiga peserta didik mengikuti OSN didampingi oleh Bapak John Wesly selaku kepala sekolah dan Ibu Anggini sebagai guru pendamping.

Kegiatan dimulai dengan melakukan registrasi oleh peserta OSN, pembukaan bersama Dinas Pendidikan dan panitia OSN, pengerjaan soal OSN untuk semua mata pelajaran, pengumuman hasil dan penutupan OSN. Pengerjaan soal OSN dilaksanakan selama dua jam, dari pukul 10.00 hingga 12.00 Wib. Pada pukul 14.00 Wib diumumkan hasil lomba OSN.

Adapun hasil pengumuman tersebut menyatakan bahwa SMP Kristen Makedonia untuk mata pelajaran IPA memperoleh juara 3 atas nama Margareth Nathasya Kristiani (VIII A), dan mata pelajaran IPS memperoleh juara 1 atas nama Anggun Priscilla Fitria (VIII A) dan juara 2 atas nama Laetitia Lumiere Estelinne Thapiatn (VIII A). Bagi peserta didik yang lolos tingkat Kabupaten, tepatnya juara 1-3 dan juara harapan 1 akan mengikuti OSN tingkat Provinsi.