,

SMA Kristen Makedonia Research Expo 2024

Senin, 20 Mei 2024, 16.59.00 WIB Last Updated 2024-05-24T05:21:35Z

 

DokPri : FotoSKM

NGABANG - SMA Kristen Makedonia baru saja melaksanakan kegiatan yang sangat ditunggu-tunggu oleh para siswa, yakni A Research Expo 2024 pada hari Jumat, 17 Mei 2024.

 

Kegiatan penelitian ini dilakukan oleh peserta didik kelas XI SMA Kristen Makedonia. Kegiatan ini dibagi menjadi 24 kelompok dengan anggota terdiri dari 3-4 orang.

 

Penelitian dilakukan pada ruang lingkup penyelesaian permasalahan sehari-hari baik di sekolah maupun di asrama, serta inovasi dari keingintahuan pada bidang tertentu, dan memodifikasi penelitian sebelumnya untuk mendapat nilai tambah.

 

Ada 24 produk hasil penelitian di Research Expo SMAK Makedonia kali ini, yakni diantaranya Pembersih Lantai Dari Kulit Timun (KUTIM), Keripik Limbah Kulit Sayur (CEKULAH), Manisan Dari Kulit Semangka (ANIS KRESEP), Rujak Buah Khas Dayak (RUBHAYAK), Sabun Ekstrak Kayu Secang, Kerupuk Daun Ubi (DANDI), Bolu Wortel (BABA CACAR), Cairan Pembasmi Kepinding (CAPEK), Mochi Dari Kulit Wortel (MOTEL GIJAJOREN), Jelly Sayur Sawi (SALUT), Tawas Dengan Ekstrak Buah (JOJU WASWAS), Sabun Cuci Tangan Daun Mangga (DAGA), Selai Kulit Semangka (GIGI), Rendang Kulit Singkong (REKUBI), Sabun Cuci Pucuk Merah (REMES), Pewangi Sepatu Ekstrak Daun Kemangi (M3P), Keripik Daun Jambu Bol (D’JAMBOLE SNACK), Sabun Dari Cangkang Telur (SCATEL), Spray Anti Nyamuk (X-MO), Kerupuk Nangka (WINIKA), Jelly Lapis (TREIJELL WARNA), Pewangi Cuka Beras (4A), Es Krim Batang Pisang (HICI BENCAND), dan Abon Pepaya (BUYAH CRISPY).

 

Dari berbagai hasil produk Research Expo SMAK Makedonia, ada satu produk yang menarik dan berhasil menjadi pemecahan masalah di Asrama yaitu Cairan Pembasmi Kepinding (CAPEK), yang terbuat dari ekstrak bumbu dapur seperti bawang putih, bawang merah, dan cabe. Cairan Pembasmi Kepinding (CAPEK) ini telah terbukti ampuh membunuh kepinding dalam hitungan detik.

 

Dalam hal ini pihak sekolah dan pengelola asrama telah mengambil beberapa langkah awal dalam mengatasi permasalahan kepinding yang ada di asrama siswa, termasuk melakukan penyemprotan insektisida di seluruh area Asrama dan rutin setiap minggu menjemur kasur dan ranjang kayu tempat tidur siswa-siswi. Namun, upaya ini belum memberikan hasil yang memuaskan, sehingga Cairan Pembasmi Kepinding (CAPEK) ini diharapkan dapat menjadi solusi mengatasi permasalahan ini.

 

Kita patut bersyukur dan bangga melihat kayra siswa-siswi SMA Kristen Makedonia, kita percaya setiap anak memiliki bakat dan kemampuan yang hebat jika diberi ruang untuk mengekspresikan diri mereka. Mari Bersama kami menjadi setitik cahaya masa depan bagi mereka meraih mimpi dan cita-citanya.


Tetap semangat siswa-siswi Sekolah Kristen Makedonia, terus berkaya dan mengembangkan potensi yang ada, Soli Deo Gloria 😇