,

Deskripsi Gambar Deskripsi Gambar Deskripsi Gambar Deskripsi Gambar Deskripsi Gambar Deskripsi Gambar Deskripsi Gambar Deskripsi Gambar Deskripsi Gambar

ENGLISH SPEECH COMPETITION

Senin, 10 Oktober 2005, 14.00.00 WIB Last Updated 2023-08-15T07:02:00Z

Seperti biasanya, setiap tahun Kabupaten Landak menyelenggarakan llomba pidato dalam Bahasa Inggris untuk pelajar SMP. Tahun ini perlombaan diselenggarakan pada tanggal 30 Juni 2005 bertempat di SMPN 1 Ngabang. SMPK Makedonia mengirim Cynda Kharisti Kayoci sebagai wakil sekolah untuk mengikuti lomba tersebut. Setelah menjalani latihan bersama guru Inggris Bapak Dhanu Nugroho dan juga ditemani guru Bahasa Inggris yang baru  SMPK Makedonia, Ibu Laksmi Naomi Hahyary, Cynda akhirnya berhasil mendapatkan juara I pada lomba pidato tersebut dengan tema “Drug Abuse”. Juara I dan II dari lomba pidato tersebut berhak mewakili Kabupaten Landak dalam lomba pidato dalam Bahasa Inggris untuk tingkat propinsi Kalimantan Barat.

Lomba tingkat propinsi diadakan pada tanggal 20 Juli 2005 di Pontianak. Dikarenakan libur semester berlangsung 2 minggu mulai 4 Juli-16Juli, maka persiapan para peserta relatif kurang memadai. Cynda yang mewakili SMPK Makedonia mulai berlatih tanggal 13 Juli 2005 bersama Ibu Naomi.

Lomba pidato Bahasa Inggris kali ini menampilkan para peserta dari 12 Kabupaten dan Kotamadya di propinsi Kalimantan Barat. Lomba kali ini menampilkan 10 tema yang mempunyai bobot cukup baik seperti drug abuse, clean environment. Pada tahap pertama, peserta lomba membawakan pidato yang telah dibawakan pada tingkat Kabupaten. Dari tahap pertama ini diambil lima besar terbaik. Pada tahap ini Cynda bisa lolos kelompok lima besar. Selanjutnya lomba diteruskan ke tahap kedua untuk mencari tiga besar. Pada tahap ini, sebelum lomba dimulai,  peserta diwajibkan mengambil undian tema yang harus dibawakan. Persiapan setiap peserta sangat singkat sekali. Cynda justru mendapat undian dengan tema yang belum dipelajari sama sekali yaitu “Be Creative and The Future Is Yours”. Namun berkat pimpinan Tuhan, Cynda berhasil menguasai dirinya dengan baik, sehingga dia bisa menjawab dengan baik, setiap pertanyaan yang dilontarkan oleh 4 juri yang salah satunya adalah native speaker. Sebagai hasilnya, dia meraih juara III pada tahap kedua ini.

Usai mengikuti lomba di tingkat propinsi, Juara I, II, dan III dari seluruh propinsi, berangkat ke Jakarta untuk mengikuti lomba pidato dalam Bahasa Inggris tingkat Nasional yang diselenggarakan pada tanggal 10-12 Agustus 2005. Persaingan di tingkat ini semakin berat, karena sebagian siswa datang dari sekolah-sekolah unggulan di masing-masing propinsi. Beberapa dari mereka pun berasal dari keluarga mampu, sehingga mereka bisa ikut kursus Bahasa Inggris. Bahkan beberapa dari mereka sering berlibur ke luar negeri dan sebagian ada yang pernah sekolah di luar negeri. Lomba tingkat nasional kali ini dibagi 2 tahap. Babak penyisihan dibagi 3 kelompok yang masing-masing terdiri dari 32 peserta. Dari masing-masing kelompok ini diambil 4 besar, dan mengikuti babak final. Kali ini Cynda belum berhasil lolos ke babak final. Namun, perjuangan dia beserta gurunya yang tidak kenal lelah, patut diacungi dua jempol, dan ini menjadi contoh yang sangat baik untuk siswa dan guru yang lain, yang serius mau melayani Tuhan yang menjadi segala tuan.

S. Wiyono/ Web archive