,

Mengukir Jejak : Road to Raimuna Nasional XII Tahun 2023 Bersama Ester Siswi SMA Kristen Makedonia

Rabu, 16 Agustus 2023, 11.41.00 WIB Last Updated 2023-09-26T05:53:58Z
Foto: DokPri SKM 

Sebagai event pertemuan Pramuka Penegak dan Pandega yang sering terselenggara setiap lima tahun sekali. Raimuna Nasional (Rainas) Tahun 2023 mengusung tema “Pramuka Hebat Indonesia Bangkit”. Raimuna Nasional XII 2023 yang dilaksanakan dalam rangka peringatan Hari Pramuka ke-62 tersebut diikuti oleh 25.000 anggota dari seluruh Indonesia yang berlangsung pada 14-21 Agusrus 2023 di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka, Cibubur, Jakarta Timur.
Foto: DokPri SKM 

Ester Selina Tumanggor siswi kelas XI SMA Kristen Makedonia terpilih menjadi salah satu perwalikan dari kontingen Kalimantan Barat. Ini merupakan moment pertama kalinya untuk SMA Kristen Makedonia.yang tentu menjadi suatu kebanggaan tersendiri.

Raimuna merupakan sebuah pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dalam bentuk perkemahan besar di Indonesia, serta diselenggarakan oleh Kwartir Gerakan Pramuka. Pelaksanaan Raimuna mulai dari tingkat kwartir ranting atau kecamatan, hingga tingkat nasional.

Raimuna berasal dari bahasa Ambai, daerah Yapen Timur, Kabupaten Kepulauan Yapen, Papua. Kemudian kata raimuna merupakan gabungan dari dua kata, yakni rai dan muna, rai memiliki arti sekelompok orang yang berkumpul untuk mencapai tujuan tertentu, lalu muna adalah daya jiwa seseorang yang berpengaruh baik dalam pencapaian kesuksesan.

Banyak sekali hal positif yang bisa didapatkan dari kegiatan raimuna. Kegiatan raimuna juga dititikberatkan pada peningkatan pada kemantapan fisik, mental, pengetahuan, keterampilan Pramuka

Penegak dan Pramuka Pandega. Manfaat dari raimuna antara lain:

1. Mengembangkan serta membina kepemimpinan, kemampuan mengelola organisasi beserta kegiatannya.

2. Mampu membina dan mengembangkan fisik, mental, pengetahuan, kecakapan, serta keterampilan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega.

3. Mengadakan pertukaran pengalaman, pendapat, pandangan, serta kecakapan diantara Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega.

4. Membiasakan hidup bersama serta bergotong-royong, dan menanamkan sifat toleransi serta kesetiakawanan.

5. Memberikan kepercayaan dan kesempatan kepada Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega untuk belajar serta menambah pengalaman dalam penyelenggaraan acara pertemuan besar dari, oleh, dan untuk para Pramuka Penegak serta Pandega yang berada di bawah bimbingan dan pengawasan pembina serta tanggung jawab Kwartir yang bersangkutan.

Kita patut bersyukur atas prestasi yang telah digapai oleh Ester Selina Tumanggor, kiranya melalui prestasi ini, banyak siswa/i Sekolah Kristen Makedonia yang termotivasi untuk terus berjuang mengembangkan dan memaksimalkan potensi diri yang Tuhan anugerahkkan.

Soli Deo Gloria!